;

Kamis, 06 Desember 2012

Kelebihan dan Kekurangan Iklan PPC dibanding SEO



Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis internet, pertanyaan di atas tentu bukan lagi soal. Namun bagi anda yang baru masuki dunia internet, bisa jadi masih membingungkan. Karenanya saya tujukan posting ini bagi anda yang baru memulai bisnis internet.
Apa itu PPC? Apa itu SEO? Kelebihan dan kekurangan masing-masing apa saja? Serta mana yang lebih baik di antara keduanya?
Silakan langsung simak saja…
PPC atau pay per click adalah model periklanan berbayar yang penghitungan biaya iklannya didasarkan jumlah klik. Contohnya seperti kliksaya.com, ppcindo.com, adsensecamp.com, dan yang lainnya.
Kelebihan PPC:
  • Menghasilkan traffik secara cepat. Baik anda sebagai pemilik produk atau affiliate, menggunakan Iklan PPC adalah cara cepat mendatangkan traffik. Saat anda mulai pasang iklan PPC, saat itu juga traffik membanjir ke blog anda.
  • Anggaran iklan mudah diatur. Iklan yang dipasang bisa diatur sesuai anggaran dana yang tersedia. Saran saya, mulai dengan dana anggaran paling minimal sesuai aturan masing-masing penyedia layanan PPC. Dana anggaran iklan minimal dimaksudkan untuk menguji efektivitas pemasangan iklan.
  • Hasil terukur. Hasil yang anda dapat mudah diukur dengan menggunakan PPC. Anda bisa ukur dari laporan yang tersedia.
  • Pengeluaran terkontrol. Dana iklan yang anda belanjakan bisa dikontrol. Untuk awal pemasangan iklan, seperti saya bilang tadi, anda sebaiknya mulai dari dana iklan minimal.
  • Mudah dimonitor. Anda dengan mudah memonitor tampilnya iklan anda.
  • Hasil cepat. Kalau sudah ahli menggunakan PPC, bisa menghasilkan uang secara cepat.
Kekurangan PPC:
  • Perlu biaya. Jelas untuk membayar iklannya butuh uang kan? Description: :)Apalagi kalau baru awal pasang iklan, anda perlu lakukan uji coba pemasangan iklan untuk mendapatkan cara paling efektif pemasangan iklan.
  • Perlu tes. Dalam rangka pengetesan, untuk satu jenis produk, bisa jadi anda buat berbagai variasi pemasangan iklan.
  • Perlu persiapkan landing page. Pembuatan landing page yang efektif sangat menentukan tingkat keberhasilan pemasangan iklan anda. Karenanya anda perlu buat landing page yang efektif untuk promosi.
  • Kompetisi tetap ada. Karena bukan hanya anda yang pasang iklan, artinya iklan anda pun berkompetisi dengan iklan lain dalam memperebutkan perhatian. Karenanya anda perlu tahu bagaimana membuat iklan yang efektif.
Sedangkan SEO atau search engine optimization adalah upaya mengoptimalkan situs web anda, baik dengan optimasi internal maupun eksternal, agar situs web anda berada di urutan atas search engine. Atau minimal masuk halaman pertama search engine.
Kelebihan SEO:
  • Banjir traffik. Kalau situs web anda berhasil nangkring di urutan pertama, atau minimal masuk halaman pertama, situs web anda berpeluang besar mendapatkan limpahan traffik.
  • Biaya minimal. Tapi tetap perlu kerja dan waktu yang lumayan. Karenanya saya bilang SEO itu tidak gratis!
  • Mudah dipantau. Bisa dimonitor hasil dan perkembangannya lewat berbagai cara.
  • Software. Tersedia banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang anda lakukan.
  • Cepat terkenal. Makin sering situs web anda berada di urutan atas search engine, makin banyak orang yang mengenal web anda.
  • Layanan SEO. Kalau anda sukses meng-SEO-kan situs web anda, anda bisa ikut jalankan layanan jasa SEO.
  • Tidak harus anda sendiri. Untuk melakukan SEO, tidak harus anda sendiri yang melakukannya. Anda bisa cari orang atau gunakan jasa SEO untuk meng-SEO-kan situs web anda
Kekurangan SEO:
  • Boros waktu. Kalau anda lakukan sendiri, jelas perlu waktu dan tenaga ekstra. Karena SEO perlu dijalankan dan dimonitor setiap hari.
  • Tergantung search engine. Mengandalkan SEO berarti perkembangan situs web sangat tergantung search engine. Kalau posisi situs web anda kena “gempa bumi” alias tidak stabil posisinya di search engine, langsung penghasilan bisnis internet melorot.
  • Banyak hal teknis. Kalau anda lakukan SEO sendiri, anda perlu banyak belajar hal teknis jika ingin berhasil.
  • Ikuti perkembangan. Algoritma search engine terus berubah. Anda harus ikuti perkembangannya. Termasuk juga aturannya.
  • Kompetisi sangat tinggi. Karena semua web melakukan SEO, maka kompetisinya tinggi. Tapi jangan takut, salah satu cara mengatasinya adalah melakukan blue ocean SEO.
Nah, perbandingan kelebihan dan kekurangan iklan PPC serta SEO ini diharapkan sekarang sudah terang benderang. Sehingga anda tahu kelebihan serta kekurangan masing-masing cara untuk membuat website anda dibanjiri pengunjung.
Mana yang lebih di antara keduanya? Silakan tentukan pilihan anda dengan mengisi kotak komentar.




Jika Artikel Ini Mau Di Copy Silahkan Pasang Linknya Ya Sob!! Salam ApNie.Com

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Apriansyah Ramadhan

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Iklan PPC dibanding SEO ini ditulis oleh Apriansyah Ramadhan pada hari Kamis, 06 Desember 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Kelebihan dan Kekurangan Iklan PPC dibanding SEO dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

2 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

share

LinkWithin

IP Address Visitor

IP