;

Minggu, 20 Januari 2013

Cara mengobati bubulan pada kaki ayam bangkok


Kaki Ayam bangkok  bubulan


Penyakit bubulan pada kaki ayam bangkok disebabkan infeksi bakteri. Kaki ayam bangkok ada sedikit luka akibat gesekan dengan lantai kandang yang kasar, kaku dan  tidak elastis. Kebanyakan kejadian kaki bubulan terjadi pada kandang ayam bangkok model panggung terbuat dari bambu, kayu atau kawat ram.

Sedikit luka saja, tetapi karena lantai kandang kotor karena kotoran ayam, maka ada bakteri yang masuk kedalam kaki yang luka. Secara mudah kejadian bubulan dijelaskan sbb :  bakteri yang masuk kedalam telapak kaki ayam ini secara langsung akan menginfeksi, bakteri secara otomatis akan dilawan alamiah sel darah putih, akibat perlawanan sel darah putih tadi bakteri akan kalah dan berubah jadi pus (nanah bhs jawa) yang pada akhirnya mengeras berubah seperti keju atau nasi putih tertutup kulit kaki (didalam kulit kaki) ayam bangkok, tampak dari luar seperti benjolan. Benjolan bubul di kaki ayam ini akan mengganggu ayam berdiri atau nantinya waktu di adu.

Cara mengatasi dengan dioperasi bedah. Siapkan peralatan : pisau / gillete, betadine, alkohol, kapas, perban, benang dan jarum. Prosedur pembedahan sbb 

  A. Ayam kaki bubulan dipegang pembantu dengan cara kaki terbalik menghadap keatas,      
             kemudian kaki ayam yang infeksi bubulan dibersihkan dengan alkohol.

  B. Iris / sayat benjolan bubul menyilang (seperti huruf x) dengan gillette baru (steril), setelah itu  tekan / pencet pus (seperti keju / nasi putih) sampai keluar semua, diusahakan sampai bersih. Bila   ada sedikit darah, bersihkan dengan kapas agar pus terlihat dan benar2 bersih.

  C. Setelah pus bersih, olesi bekas sayatan dan luka operasi dengan betadine, kemudian (bila bekas sayatan cukup lebar karena benjolan bubul cukup besar) jahit luka dengan benang dan jarum sampai luka menutup.

  D. Olesi kembali luka luar bekas jahitan dengan benang. Kemudian bekas kaki yang luka ditutup / ditali dengan perban secara kuat2 agar tidak terlepas waktu ayam bangkok di lepas.

  E. Biarkan luka tertutup perban selama 1 (satu) minggu, kemudian dibuka dan diperiksa, dalam satu minggu luka sudah menutup, tetapi bekas luka harus diolesi betadine lagi dan diperban kembali. Hal ini dilakukan sampai bekas luka menutup dan mengering serta sembuh.

Bagaimana mencegah agar kaki ayam bangkok tidak bubulan?

1. Kandang terutama lantai harus selalu dijaga bersih dari kotoran ayam.

2. Kandang tipe panggung (box) berbahan bambu / kayu / kawat ram tetap diperlukan selama ayam aduan bangkok umur 1 hari sampai umur 2 bulan.

3. Setelah ayam bangkok umur lebih dari 2 bulan, ayam dipindah ke kandang postal dengan lantai tanah berpasir.

Selamat mencoba menjadi dokter spesialis bedah bubulan ayam bangkok!

  

 


Jika Artikel Ini Mau Di Copy Silahkan Pasang Linknya Ya Sob!! Salam ApNie.Com

Related Posts by Categories



Ditulis Oleh : Apriansyah Ramadhan

Artikel Cara mengobati bubulan pada kaki ayam bangkok ini ditulis oleh Apriansyah Ramadhan pada hari Minggu, 20 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Cara mengobati bubulan pada kaki ayam bangkok dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

2 komentar:

  1. Highly energetic post, I loved that bit. Will there be a part 2?


    Also visit my web page ... ava fx

    BalasHapus
  2. When someone writes an paragraph he/she retains the plan of a user
    in his/her brain that how a user can understand it. Therefore that's why this piece of writing is amazing. Thanks!

    My web page: www.dailystrength.org
    My page > http://www.dailystrength.org/

    BalasHapus

Poskan Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

share

LinkWithin

IP Address Visitor

IP